Sabtu, 07 Januari 2017

HUNIAN MAHASISWA TURUNAN


Hikmah camp

Hiasan di ruang tengah 
bersama kimung tanzil
 Hikmah camp itu bukan asrama pondok pesantren, juga bukan tempat pengajian masal, atau bahkan camp pendakian gunung, hikmah camp adalah hunian strategis yg terletak di tengah kota bogor yg bersebelahan langsung dengan kuburan keluarga dan masjid Al-Hidayah. Berhadapan langsung dengan rumah Kimung Tanzil menjadikannya sebagai tempat yg paling aktif di dunia olahraga,  petualangan, dan pendidikan, bahkan kadang juga dunia anime dan infotainment... Sejarah untuk menguak berdirinya hikmah camp sangatlah panjang dan melelahkan, bahkan arkeolog dr _national geographic_ dan _discovery channel_ menyerah dalam penelitianya yg berjudul "love of muangke" akibat menelan banyak korban...
kami meraih prestasi bersama
Oke kembali ke dunia nyata. Hikmah camp adalah kost tempatku tinggal selama menjalani masa studi di bogor, tempatnya sangat strategis walaupun untuk dapat mencapainya kita harus menggunakan kompas air dan membaca rasi bintang tujuh.


bagian samping halaman dan ruang tengah hikmah camp

Rumah seluas satu hektar dengan isi lengkap yang terdiri dari lemari es, TV kabel, AC, Hot water tube, WiFi, dan electronic robot helper menjadikanya sebagai kost fenomenal di bogor #angan-angan sambil ngelap iler. Rumah yang berhasil mencetuskan warna biru pastel yang sedang hits (sebenarnya karena pada waktu itu di cat dari cat cat bekas yang ditemukan di gudang dan dicampur sehingga menghasilkan warna biru pastel), dilengkapi dengan arena belajar pertanian dan sukses menghidupi kami dengan cabe yang berhasil kami panen ketika harga cabai waktu itu naik. fasilitas lain yang tak kalah menghebohkan adalah ruang diskusi politik yang luas dengan ornamen kaligrafi dilengkapi papan tulis yang kami buat dari lakban sisa bekas acara dikampus. tak heran hikmah camp selalu ramai dengan para mahasiswa menjelang ujian tengah semester atau ujian akhir semester bahkan menjadi arena tukar pikiran masalah asmara dan duniawi lainnya.   
adipta
aku adalah seorang pria penggemar musik dangdut terutama dangdut koplo, aku yang merupakan anak asli lamongan tempat para pengahasil pengusaha tenda biru pinggir jalan yang sukses meramaikan perekonomian indonesia. aku sangat senang sekali dengan menggambar dan memotret dimana dengan gambar dan potret yang akan menjelaskan semua  yang aku lihat, aku terdampar di hikmah camp saat itu menjadi mahasiswa baru dan ditemukan oleh para senior-senior baik hati. waktu cepat sekali berlalu sehingga menyisakan cerita senior yang sudah lulus dan pergi dari hikmah camp, sehingga aku adalah penghuni terlama disini, disusul Hadiansyah yang merupakan keturunan dari blasteran Pakistan-condet, Irvan nuangke yang entah dari mana (saya mengira ia adalah jelmaan wali), Agus nurain yang berasal dari kualat lumpur (korban lapindo yang diungsikan secara paksa), serta erfan yahya tauahgelap (yang digadang-gadang sebagai reinkarnasi cupatkai). posisi yang mantap, karena dengan jumlah lima sekawan tersebut kita dapat mengalahkan cerita fenomenal 5 Cm dengan cerita yang lebih cadaz lagi yaitu 5% (baca: lima persen). Hal tersebut didasarkan dari kisah para penghuninya, lima orang ini memiliki pengalaman hidup yang gak penting-penting amat untuk dibagi.
hadiansyah
Hadiansyah adalah seniman musik kelas wahid yang berpura-pura sebagai mahasiswa, ia sering berpura-pura mengidap tremor (gemetar jari) ketika ia sedang menulis, makan, memegang kertas dan lain sebagainnya. Kecurigaanku terbukti setelah aku melakukan penelitian terhadapnya selama kurang lebih tiga bulan, dia menggetarkan jarinya hanya ketika menulis, makan, dan memegang kertas, namun jika bermain gitar, piano, gendang dan seruling, bahkan ketika bersentuhan dengan wanita jemari tangannya tak lagi bergetar, penyamaranya tak mulus nampaknya, karna aku yakin kelemahan utama ia ada pada alat musik dan wanita. Hal lain yang mendukung hipotesisku adalah ketika aku menemukan buku hariannya, setelah aku membacannya ternyata dia adalah teman dekat bethouvent (seniman musik legendaris sepanjang masa), oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa sejatinya ia adalah seniman musik legendaris tahun 50an, namun yang aku tidak tau darinya adalah mengapa ia melakukan penyamaran ini, apa motifnya? apakah dia deperesi, atau ada suatu ancaman dari penggemarnya seperti yang dialami oleh vokalis the beatles John Lenon atau vokalis Nirvana Kurt Cobain. meningat dia adalah orang yang selalu mengundang decub gabung para adik kelas jurusan masak memasak dan hitung menghitung, beberapa wanita sering aku temukan mencarinya dengan membawa berbagai macam bahan pokok pangan yang selalu dia terima dan bagikan ke kita setiap malam tiba untuk di santap bersama-sama. semua adik kelas perempuan itu kurasa adalah penggemar berat dia yang selalu dia jadwal kedatangannya. tapi Entahlah aku berharap ada peneliti selanjutnya yang meneliti hal tersebut.
irvan
Irvan Nuangke adalah titisan wali yang berpura-pura menjelma sebagai mahasiswa, ia adalah orang yang paling aneh diantara kita, jika ada orang yang baru berteman dengannya pasti akan heran terhadapnya, karna mereka pasti akan menyimpulkan bahwa Irvan Nuangke tidak pernah tidur, setiap malam ia selalu begadang, begadang, dan begadang, salah satu dari mereka bertanya kepadaku, kenapa Irvan kuat sekali begadang? Apa rahasia dia? dengan pelan aku menjawabnya yang begadang itu bukan irvan, lantas..siapa? tanyannya sambil bulu kuduknya berdiri, itu adalah jelmaan irvan, sejatinya ia tidur, namun mata sesungguhnya tak akan tertutup karna ia memiliki dua mata, yaitu sebelah kiri dan sebelah kanan. Eh maksudnya mata hati men...hehe. Penyamarannya terbongkar dengan mudah olehku, tak perlu menghabiskan waktu lama untuk menelitinya, cukup dengan dua minggu saja semua rahasiannya dapat terbongkar dengan mudah. Pertama, dia memiliki kemampuan badminton yang sekelas dengan taufik hidayat..TIDAK MUNGKIN, jelmaan yang aneh dan sia-sia, tak masuk logika. Dia adalah alumni pesantren yang notabenya tak mengenal raket modern, shuttle kock, apalagi teknik dan strategi bermain. Setelah dislidiki ternyata selama menjadi santri ia hanya bermain carambol, oleh karena itu tidak mungkin ia bisa bermain badminton. Kedua, dengan badan gagah perkasa mana mungkin ia takut dengan kecoa, semut, tikus, dan kepiting. it's impossible, jelmaan yang kedua ini menunnjukkan bahwa ia benar-benar bukan orang biasa, lantas apa motif dia melakukan penyamaran ini??? apakah menguji penghuni kosan ini, ataukah ada motif lain? Wallahualam..mungkin bisa menjadi topic kajian lebih lanjut.
agus
Agus nurain, dia bukan jelmaan wali ataupun penyamaran dari orang pendahulu kita, dia memang benar-benar korban lapindo yang terpaksa diasingkan, hal ini terbukti dari bekas luka yang ada di tangannya. Hidupnya sangat sedih, sering ia menangis sendirian di belakang kos hikamah camp, setelah ku tanya kenapa ia sering menangis sendiri sambil ku bawakan permen, ternyata ia bukan menangis karna terasingkan, bukan juga karna tidak menang Program Kreativitas Mahasiswa, atau proyek satu milyarnya tak tembus. Ia menangis karna proposal lamarannya salah alamat, dan orang yang dituju sudah lebih dulu dilamar orang lain, ditambah lagi diet yang dilakukannya gagal walaupun dibarengi puasa Nabi Daud, sungguh tragis memang, dan parahnya lagi, hal tersebut berulang-ulang secara musiman pada dirinya..sebagai teman pun aku turut berduka, untuk mengobati kesedihan tersebut, biasanya aku membelikannya egg in blanket (*telor selimut* sebuah makanan fenomenal pada jaman saat itu, dan hanya dijual untuk kalangan tertentu) konon katanya makanan tersebut adalah makanan yang di sukai para kompeni VOC yang datang, bahkan setelah kekalahan VOC dan VOC pergi meninggalkan tanah nusantara, resep egg in blanket di buang di tengah laut bersama gerobak kecilnya setelah beberapa ratus tahun berlalu akhirnya ada seseorang menemukan resep dan 2 kotak misterius di pantai cirebon (mungkin begitulah cerita singkatnya, akan di bahas di cerita selanjutnya), walaupun nasib yang diterima agus seperti itu namun kami mengenal dia memang anak jenius, cuman nasibnya kadang naik turun tergantung proposal cinta nya ditolak atau tidak.
erfan
Erfan yahya tauahgelap, dia diindikasikan oleh para peramal dari suku maya sebagai reinkarnasi cupatkai, #sontak aku terdiam sejenak, apakah benar hal itu?? , aku sangat tertarik untuk menelitinya. karna hingga saat ini dunia membutuhkan cupatkai yang sesungguhnya, agar komposisi posting yang ada di media sosial tidak didominasi oleh percintaan yang sesat. Pertama-tama yang aku lakukan adalah membuat hipotesis dari pertanyaan itu, apakah teman yang bersamaku sejak duduk di bangku SMA ini merupakan dewa cinta (cupatkai)??? Antara iya dan tidak. Kedua, aku langsung meneliti gerak geriknya dari bangun tidur hingga tidur lagi, sempat sesekali aku melakukan penyamaran menjadi bos di perusahaannya, hal mengagetkan yang aku dapatkan adalah bahwa dia memiliki dua dunia, yaitu dunia anime dan dunia fantasi plus. Ia sering berinteraksi dengan tokoh-tokoh dragon ball, doraemon, one peace, dan cibi marukochan..selain itu ia juga terkadang menjual online pernak-pernik cinta sesa'at/pacaran seperti buku kumpulan kata-kata gombal, kacamata tembus pandang, parfum malam minggu, lipstick rasa ketan hitam, dll . Oleh karena itu dapat aku simpulkan bahwa ia merupakan reinkarnasi cupatkai. ##

#Tulisan ini adalah ungkapan persahabatan dari hati yang terdalam, gaya penulisan dan alur gambaran dibawakan sesuai canda dan tawa saat itu. salam persahabatan yang merindu akan kenangan itu
HIKMAH CAMP CREW
papan dari lakban untuk sarana sharing
halaman depan 

halaman samping sedang panen jagung waktu itu


Adipta Nur Pratama
Bogor, 9 Oktober 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar